Home Aspirasi Pemkab Pohuwato Perlu Memberikan Insentif Tambahan untuk Desa, Ini Alasannya

Pemkab Pohuwato Perlu Memberikan Insentif Tambahan untuk Desa, Ini Alasannya

by Diko
0 comment

Hulondalo.id – Ketua Fraksi PKB Pohuwato, Abdullah Diko memandang pemerintah daerah perlu memberikan insentif tambahan bagi desa yang merencanakan pembangunan desa berbasis ekologi.

Menurutnya, dengan reward seperti itu akan memancing semangat semua desa se-Kabupaten Pohuwato untuk berlomba-lomba memberikan perhatian khusus terhadap perbaikan dan pelestarian lingkungan.

Abdullah kemudian menyampaikan, Dr. Joko Tri Haryanto sebagai Pengawal Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI dalam sebuah sesi Pelatihan Penandaan Anggaran Hijau yang diselenggarakan 11 hingga 12 Maret 2020 oleh Burung Indonesia Program Flores Nusa Tenggara Timur, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan legal drafting regulasi terkait insentif bagi desa-desa yang mampu menjabarkan visi-misi gubernur dalam perencanaan kegiatan desa, diantara fokusnya terkait pelestarian lingkungan hidup.

Saat ini pula sambung Abdullah, Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 dapat dijadikan dasar merencanakan dan menganggarkan kegiatan yang berkaitan langsung dengan pelestarian lingkungan.

Dengan demikian, pelestarian lingkungan tidak hanya dikerjakan oleh Dinas Lingkungan Hidup namun desa ikut andil terhadap perbaikan dan pelestarian lingkungan sekitar.

“Jika dana Insentif khusus bagi desa-desa yang menaruh perhatian tehadap lingkungan ini perlu regulasi sebagai pijakan pelaksanaannya, hemat saya DPRD khususnya Fraksi PKB Pohuwato siap mendukung penuh untuk itu,” kata Abdullah.

Dirinya begitu berharap, hal ini dapat diseriusi oleh pemerintah daerah. “Semua unsur pemerintahan daerah hingga pemerintahan desa, legislatif dan masyarakat harus bahu membahu terus berupaya melestarikan lingkungan dan alam. Kualitas Lingkungan hidup yang baik sangat berhubungan erat dengan masyarakat yang sehat, aman dan sejahtera,” tutup Abdullah. (yadin/adv)

Artikel ini pernah tayang di hulondalo.id dengan judul yang sama. Pemkab Pohuwato Perlu Memberikan Insentif Tambahan untuk Desa, Ini Alasannya

You may also like

Leave a Comment